Selasa, 20 Januari 2009

Tolak Relokasi;Petani Dongi-Dongi Mengadu ke LBH Sulteng

Palu - Petani Dongi-Dongi, Sulawesi Tengah, yang menggarap lahan di sekitar Taman Nasional Lore Lindu, mengadukan ancaman relokasi oleh pemerintah setempat ke Lembaga Bantuan Hukum Sulteng.

Frans Rumpalaba, Sekretaris Forum Petani Merdeka (FPM) yang mewakili warga Dongi-Dongi, menyatakan menolak upaya pemerintah Sulteng merelokasi 1.030 kepala keluarga yang menggarap lahan pertanian di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Para petani menyatakan tekad memilih mati terhormat mempertahankan tanahnya daripada menyerah dan direlokasi ke tempat baru.


"Kami sudah olah tanah dan menanaminya. Bahkan sudah menghasilkan berbagai komoditi yang selama ini menjadi tumpuan hidup kami. Kami tidak rela meninggalkan mata pencaharian kami," kata Frans Rumpalaba, Kamis (5/7).

Menurut Frans, pemerintah seharusnya mendukung para petani, bukan malah mengusir mereka dari tanah yang menjadi sumber penghidupan dan mata pencaharian.

menerima laporan itu, Agus Faisal dari LBH Sulteng menyatakan mendukung perjuangan para petani mempertahankan hak mereka. Dia menilai Taman Nasional Lore Lindu merupakan perwujudan kolonialisme baru. "Masyarakat di Taman Nasional Lore Lindu kini tidak bisa (lagi) mengelola tanah mereka secara merdeka," katanya. (E1)

Sumber : http://www.vhrmedia.com 5 Juli 2007 - 16:21 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by Blogger Tutorial

LEMBAGA BANTUAN HUKUM SULAWESI TENGAH ©Template Nice Blue. Modified by Indian Monsters. Original created by http://ourblogtemplates.com Blogger Styles

TOP